Selasa, 20 Juli 2021

Cara Efektif Mengasah Perkembangan Motorik Kasar Anak

Mengasah perkembangan Motorik

Orang tua tentu wajib mengetahui proses tumbuh kembang anak, terutama terkait perkembangan motorik kasar. Secara singkat, perkembangan motorik kasar adalah kemampuan anak untuk melakukan sesuatu dengan mengandalkan gerakan dari tubuhnya. Gerakan tersebut akan melibatkan beragam otot besar dari tubuh mereka.

Tentu, perkembangan motorik kasar anak ini sangat penting. Hal ini dikarenakan perkembangannya tentu akan membantu mereka untuk melakukan aktivitas harian mereka. Selain itu, kemampuan motorik kasar anak juga akan mempengaruhi kemampuan lainnya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara efektif untuk mengasah perkembangan motorik kasar anak. Bagaimana saja langkah yang disarankan? Simak ulasan selengkapnya!

1)      Melakukan tummy time

Tummy time adalah salah satu cara yang cukup efektif dilakukan untuk melatih perkembangan motorik kasar anak. Apa yang disebut dengan tummy time adalah ketika anak berada pada posisi tengkurap dan ia melakukan beberapa hal yang ia sukai.

Meskipun tampak sederhana, namun hal ini sangat efektif. Tummy time secara langsung bisa memperkuat otot leher serta punggung bayi. Nah, cukup disarankan bagi Anda untuk melakukan langkah ini meskipun hanya sekitar 1 hingga 2 menit saja setiap sesi.

2)      Mengajak anak menoleh

Mengajak anak menoleh juga bisa dijadikan salah satu cara untuk merangsang perkembangan motorik kasar si kecil. Tentu, langkah ini dilakukan ketika anak sudah kuat mengangkat kepala. Untuk membuatnya menoleh, Anda bisa memanggil nama mereka atau menyalakan sebuah mainan.

3)      Mengajarkan anak untuk duduk

Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk melatih perkembangan motorik kasar anak adalah dengan mengajarkan mereka duduk. Anda bisa mengajak mereka duduk bersandar pada bantal. Meskipun sederhana, cara ini sangat efektif untuk memperkuat otot serta punggung si kecil.

4)      Bermain bola

Mengajak anak bermain bola juga bisa merangsang perkembangan motorik kasar mereka. Secara bertahap, anak akan mendorong bola dan gerakan ini tentu akan membuat ototnya cenderung terlatih.

Beberapa hal di atas adalah cara yang bisa dilakukan untuk merangsang perkembangan motorik kasar pada anak. Hanya saja, Anda perlu selektif untuk memilih cara merangsang perkembangan sesuai usia si kecil.

Deskripsi: perkembangan motorik kasar anak harus dirangsang dengan baik. Dengan motorik kasar yang berkembang, tentu anak nantinya akan cenderung lebih cerdas dan sehat.


 

0 komentar:

Posting Komentar